Monday, May 31, 2010

[oase - resend] Segenggam garam dan telaga

Artikel Original | Simpan ke PDF
Artikel ini pernah dipublikasi oleh abufaiz97 pada Rabu, 24 September 2003 WIB

Oase: Segenggam garam dan telaga

Sabili No.24 Th.IX

Suatu ketika, hiduplah seorang tua yang bijak. Pada suatu pagi, ia didatangi seorang anak muda yang sedang dirundung banyak masalah. Langkahnya gontai dan wajahnya kusam. Keadaan tubuhnya tak karuan. Ia seperti sedang menghadapi sebuah masalah yang sangat menyusahkan hatinya. Begitu bertemu dengan si orang tua yang bijak, ia segera menceritakan semua permasalahan yang ia hadapi.

Pak Tua yang bijak hanya mendengarkannya dengan seksama. Begitu tamunya selesai bertutur, ia lalu mengambil segenggam garam dan memintanya untuk mengambil segelas air. Ditaburkannya garam itu ke dalam gelas, lalu diaduknya perlahan. "Coba, minum ini, dan katakan bagaimana rasanya," ujar Pak Tua itu.

"Pahit...., pahit sekali," jawab anak muda itu sambil meludah ke samping.

Pak Tua tersenyum. Lalu ia mengajak tamunya berjalan-jalan di hutan sekitar rumahnya. Kedua orang itu berjalan di hutan sekitar rumahnya. Kedua orang itu berjalan berdampingan. Setelah melakukan perjalanan cukup lama, akhirnya mereka tiba di tepi sebuah telaga yang tenang. Pak Tua itu kembali menaburkan segenggam garam ke dalam telaga itu. Dengan sepotong kayu, ia mengaduk air telaga sehingga sebagian airnya terciprat membasahi wajah anak muda itu.

"Sekarang, coba ambil air dari telaga ini dan minumlah!" ujar Pak Tua kemudian.

Anak muda itu menuruti apa yang diminta Pak Tua. Ia segera meminum beberapa teguk air telaga. Begitu tamunya selesai mereguk air, Pak Tua berkata lagi, "Bagaimana rasanya?"

"Segar!" sahut anak muda itu.

"Apakah engkau bisa merasakan garam di dalam air itu?" tanya Pak Tua lagi.

"Tidak," jawab si anak muda.

Dengan bijak, Pak Tua menepuk-nepuk punggung si anak muda. Lalu ia mengajaknya duduk berhadapan, bersimpuh di samping telaga itu.

"Anak muda, dengarkanlah ucapanku. Pahitnya kehidupan yang engkau rasakan seperti segenggam garam. Jumlah dan rasa pahit itu sama, dan memang akan tetap sama. Tapi, kepahitan yang kita rasakan sangat tergantung dari wadah yang kita miliki. Kepahitan itu tergantung dari perasaan tempat kita meletakkan segalanya. Itu semua akan tergantung pada hati kita. Jadi ketika engkau merasakan kepahitan dan kegagalan dalam hidup, hanya ada satu hal yang bisa engkau lakukan untuk mengatasinya. Lapangkanlah dadamu menerima semuanya. Luaskan hatimu untuk menampung setiap kepahitan itu."

Pak Tua itu kembali menambahkan nasihatnya, "Hatimu adalah wadah itu. Perasaanmu adalah tempat itu. Qalbumu adalah tempat kamu menampung segalanya. Jadi, jangan jadikan hatimu itu seperti gelas, buatlah laksana telaga yang mampu meredam setiap kepahitan dan mengubahnya menjadi kesegaran dan kebahagiaan."

Keduanya beranjak meninggalkan tepian telaga. Mereka sama-sama belajar hari itu. Dan Pak Tua, si orang bijak itu, kembali menyimpan segenggam garam untuk anak muda yang lain, yang sering datang padanya untuk meminta nasihat.


Newsletter Oase: Subscribe | Unsubscribe


Thursday, May 27, 2010

[oase - resend] Khutbah Jum'at: Keutamaan Ilmu

Artikel Original | Simpan ke PDF
Artikel ini pernah dipublikasi oleh abufaiz97 pada Ahad, 21 September 2003 WIB

Khutbah Jum'at: Khutbah Jum'at: Keutamaan Ilmu

20 Juni 2003

Oleh: Agus Haris W

KHUTBAH I



Saudara-saudara kaum muslimin sidang Jum'at rahimakumullah

Pada kesempatan yang berbahagia ini, khatib mengingatkan utamanya kepada diri saya pribadi dan juga kepada jama'ah pada umumnya, untuk senantiasa meningkatkan taqwa kepada Alloh, dengan sebenar-benarnya takwa yaitu ikhlas menjalankan apa yang telah diperintahkan-Nya dan meninggalkan apa yang telah dilarang. Kemudian marilah kita senantiasa mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT semata. Allah telah melimpahkan kepada kita sedemikian banyak nikmat. Jauh lebih banyak nikmat yang telah kita terima dibandingkan kesadaran dan kesanggupan kita untuk bersyukur. Sebagaimana telah Allah firmankan dalam QS Ibrahim: 34:



Selanjutnya khatib mengajak jamaah sekalian untuk senantiasa berdoa kepada Allah agar melimpahkan setinggi-tingginya penghargaan dan penghormatan, yang biasa kita kenal dengan istilah sholawat dan salam-sejahtera kepada pemimpin kita bersama, teladan kita bersama… imamul muttaqin pemimpin orang-orang bertaqwa dan qaa-idil mujahidin panglima para mujahid yang sebenar-benarnya nabiyullah Muhammad Sallalahu 'alaihi wa sallam, keluarganya, para shohabatnya dan para pengikutnya yang setia hingga akhir zaman. Dan kita berdo'a kepada Allah, semoga kita yang hadir di tempat yang baik ini dipandang Allah layak dihimpun bersama mereka dalam kafilah panjang yang penuh berkah. Amien, amien ya rabbal 'aalaamien.

Jama'ah jum'ah yang dimuliakan Allah

Allah berfirman dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11:



"Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu, 'Berlapang-lapanglah dalam majelis', maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu, dan apabila dikatakan, 'Berdirilah kamu, maka berdirilah', niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Menurut ayat tersebut, Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa tingkat. Oleh karenanya Allah menyuruh manusia berpikir menggali ilmu pengetahuan, membentuk majelis ta'lim, membaca ayat-ayat Allah, baik ayat yang tertulis maupun yang tercipta yaitu segala sesuatu yang diciptakan Allah misalnya langit, bumi, gunung, bintang, dll.

Kaum muslimin sidang Jum'at yang berbahagia,

Khalifah Ali bin Abi Thalib mengatakan bahwa ada sepuluh kelebihan ilmu dibanding harta, yaitu:
1. Ilmu adalah warisan para nabi, sedangkan harta adalah warisan dari Fir'aun, Qarun, dan lain-lain.
2. Ilmu selalu menjaga orang yang mempunyainya, sedangkan harta dijaga oleh orang yang mempunyainya.
3. Orang yang berilmu banyak mempunyai teman, sedangkan orang yang berharta mempunyai banyak lawan.
4. Ilmu apabila diberikan kepada orang lain akan bertambah sedangkan harta bila diberikan akan berkurang.
5. Ilmuwan sering dipanggil alim, ulama, dan lain-lain. Sedangkan hartawan sering dipanggil bakhil, kikir, dan lain-lain.
6. Pemilik ilmu akan menerima syafaat pada hari kiamat, sedangkan pemilik harta dimintai pertanggungjawabannya.
7. Ilmu apabila disimpan tidak akan habis, sedangkan harta bila disimpan akan usang dan lapuk.
8. Ilmu tidak usah dijaga dari kejahatan, sedangkan harta selalu dijaga dari kejahatan.
9. Ilmu tidak memerlukan tempat, sementara harta memerlukan tempat.
10. Ilmu akan menyinari hati hingga menjadi terang dan tenteram, sedangkan harta akan mengeraskan hati.

Nasihat yang disampaikan Ali tersebut menegaskan kepada kita bahwa ilmu lebih mulia dari pada harta, dalam mencari harta kita boleh jadi merugi, akan tetapi sejauh mana pun kita mencari ilmu tidak akan pernah ada istilah merugi.

Iqra' bismirobbikalladzii khalaq, (bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan), surat Al-'Alaq ayat 1 memerintahkan kepada kita untuk membaca ayat-ayat Allah, memerintahkan kita untuk mencari ilmu, hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim, baik itu ilmu agama atau pun ilmu pengetahuan. Ilmu juga akan menambah keimanan kita, semakin dalam ilmu yang kita gali maka akan semakin bertambah pula keimanan kita.

Saudara-saudara kaum muslimin sidang Jum'at rahimakumullah,

Sebuah penemuan besar di abad XX bahwa seluruh alam raya ini yang terdiri dari langit, bumi, bintang, galaksi, semuanya tercipta dari suatu titik tunggal yang sangat kecil tetapi mempunyai kepadatan tak terbatas. Karena sangat kecilnya titik ini, ilmu pengetahuan menggambarkannya dengan konsep ketiadaan. Kemudian para ilmuwan meyakini bahwa titik tunggal ini meledak, melemparkan semua material ke segala arah dan terciptalah suatu sistem alam semesta ini yang terdiri dari bumi, bintang dan seluruh galaksi. Bumi pada saat itu atau sekitar 4 sampai 5 milyar tahun lalu adalah sebuah planet yang kering kerontang. Dan para ilmuwan kemudian meyakini bahwa periode berikutnya adalah hujan asteroid yang menghantam bumi secara terus menerus. Asteroid ini adalah batuan-batuan luar angkasa yang mengandung bongkahan-bongkahan es yang akhirnya menjadi air yang sangat vital bagi kehidupan di bumi. Ini adalah teori terakhir tentang terciptanya alam semesta termasuk bumi yang diyakini oleh para ilmuwan. Dan sebenarnya, teori yang diyakini ini telah disebutkan Allah di dalam Al-Qur'an surat Al-Anbiya ayat 30:



"Dan apakah orang-orang kafir itu tidak mengetahui bahwa langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah sesuatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air, Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (QS. Al-Anbiya: 30)

Dalam ayat ini disebutkan bahwa awal-mulanya langit dan bumi adalah dari sesuatu yang padu, padu di sini artinya adalah satu titik tunggal yang telah diyakini sebagai asal muasal alam semesta. Kemudian Allah memisahkan antara keduanya (yaitu langit dan bumi), maksudnya dipisahkannya masing-masing bagian dari suatu yang padu ini oleh suatu ledakan dahsyat melemparkan material-material menjadi bintang, planet dan benda-benda antariksa lainnya; dan langit adalah sebagai ruang kosong di antaranya. Dan hantaman yang bertubi-tubi bongkahan-bongkahan es asteroid, merupakan cara Allah mengirimkan air sehingga memungkinkan untuk diciptakannya makhluk hidup di bumi pada periode-periode penciptaan berikutnya.

Kaum muslimin sidang Jum'at yang berbahagia,

Allah berfirman dalam surat Ali-Imran 191,



"(Orang yang berpikir itu) selalu ingat kepada Allah di kala mereka berdiri, duduk, dan berbaring, seraya memikirkan kejadian langit dan bumi, lalu mereka berkata, 'Tidak sia-sia Engkau ciptakan ini ya Allah, Maha Suci Engkau, dan lindungilah kami dari api neraka.'"



KHUTBAH II



Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah,

Apa yang baru saja saya sampaikan dalam Khutbah yang pertama adalah sebuah contoh bahwa dengan mencari ilmu maka keimanan kita kepada Allah, iman kepada Malaikat, kepada ayat-ayat Al-Qur'an, kepada para Rasul, kepada hari akhir, dan iman kepada takdir insya Allah akan bertambah.

Seorang pelajar atau mahasiswa jika ia berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan ilmu di sekolah dan kampus, belajar matematika, ilmu pengetahuan alam maupun ilmu sosial dengan sungguh-sungguh, maka insya Allah dia termasuk salah seorang ahli dzikir. Orang tua yang selalu mendidik dan mengasuh anak-anaknya untuk menjadi pribadi-pribadi yang tidak mudah menyerah dan selalu berserah diri kepada Allah, insya Allah akan menjadi pahlawan bagi peradaban manusia masa depan.

Seorang pegawai negeri jika ia senantiasa selalu belajar untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan nama Allah, maka ia termasuk sebagai seorang yang amanah. Seorang petani jika ia selalu tekun menggarap sawah dan ladangnya semata-mata ikhlas karena Allah sehingga kebutuhan bahan pangan masyarakat menjadi terpenuhi, maka ia termasuk salah satu pilar bagi tegaknya kehidupan masyarakat dan bangsa.

Dan sudah tentu jika kita semua selalu menghidupkan majelis-majelis ta'lim maka insya Allah akan tercatatlah kita sebagai calon-calon penghuni surga sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

Dari Abu Hurairah RA, "Sesungguhnya Rasulullah telah bersabda, 'Barangsiapa yang menempuh suatu jalan bepergian mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.'"

Marilah kita tutup khutbah ini dengan berdoa bersama-sama,

Bismillahirrahmanirrahim,
Alhamdulillahirabbil 'alamin,
Allahumma shalli wasallim'ala sayyidina muhammad,
Wa'ala alihi waasbihi ajma'in,
Ya Allah, jadikanlah hari ini menjadi hari ampunan bagi segala dosa kami,
Hari dimana Engkau gantikan segala kegelapan dengan cahaya di hati kami,
Ya Allah, sediakanlah untuk kami sebagian dari rahmat-Mu yang luas,
Berikanlah kami petunjuk kepada ajaran-ajaran-Mu yang terang,
Ya Allah, hiasilah diri kami dengan ilmu yang bermanfaat,
Ilmu yang membawa kepada keluhuran akhlak kami,
Janganlah Engkau hiasi kami dengan ilmu yang membuat kami angkuh di bumi ini,
Jangan pula Engkau hiasi kami dengan ilmu yang membawa permusuhan di antara kami,
Rabbana atina fiddunya hasanah, wafilakhirati hasanah, waqina 'adza bannar,
Subhanarobbika robbil 'izzati 'amma yasifun, wassalamun'alal mursalin,
Walhamdulillahirobbil'alamin.



Newsletter Oase: Subscribe | Unsubscribe


Sunday, May 23, 2010

[oase - resend] Senyum di senja hari

Artikel Original | Simpan ke PDF
Artikel ini pernah dipublikasi oleh abufaiz97 pada Ahad, 21 September 2003 WIB

Kisah Kehidupan: Senyum di senja hari

Annida No.12 Th.XI

April 1984
Menjelang Ujian Akhir SMP
Gempa hebat melanda keluargaku, dan telah memporakporandakan bangunan hatiku. Allahu Robbi, kenapa Bapak tega melakukan semua ini? Tak tega melihat ibu yang diam mematung dengan air mata berlelehan. Sementara Pak Jono, Pak Dodi, teman sekantor Bapak menjelaskan dengan bahasa yang dibuat sehalus mungkin. Aku mengintip takut-takut dari lubang kunci, raut wajah Ibu yang tiba-tiba menegang, lalu air mata yang tumpah bak banjir bandang. Bapak dipecat, karena menyelewengkan dana kantor dan terbukti melakukan tindakan asusila dengan rekan wanitanya di kantor. Bahkan, wanita itu telah diberinya rumah di Kecamatan Pare, tiga puluh kilometer dari rumah kami. Bapak dipenjara atas tuduhan korupsi dan berselingkuh dengan istri orang.
Aku tahu, bukan sekali ini saja Bapak mengkhianati Ibu. Sebagai anak tertua aku sudah bisa membaca hubungan kedua orang tuaku. Namun baru kali ini kulihat Ibu begitu terpukul. Tentu, dengan dipecatnya Bapak, berarti asap tak akan mengepul lagi di tungku keluarga kami. Sementara lima orang anak perempuan setiap hari membutuhkan jatah nasi yang tidak sedikit. Melihat Ibu bermuram durja, semangat belajarku hilang seketika.

Mei 1984
Ujian Akhir, 03.00 Pagi
Suara lantunan ayat-ayat suci membangunkanku dari lelap. Ibu! Begitu biasanya beliau membangunkan kami untuk shalat lail. Segera kutepuk Tini untuk menyusul Ibu. Mata adikku masih memerah menahan kantuk. Tapi kusemangati dia, "Ayo, katanya ingin berdoa, Tini ingin minta apa?" Malam begini dingin menyambut kami di kamar mandi. Air terasa seperti butiran es. Kuusap mataku dan mata Tini sambil tersenyum, sekejap kemudian kesegaran mengaliri seluruh tubuh. Lenyap sudah kantuk yang memberati mata. Ibu menyambut kami dengan senyum, tapi…. Matanya begitu sembab, pasti Ibu habis menangis. "Mana adik-adikmu yang lain, Nduk?" kami saling berpandangan, lalu menggeleng dan tersenyum malu. Habis, sulit sekali membangunkan Lastri dan Tinah, bisa ditendang aku nanti, maklum, mereka masih kecil. Usai tahajud, aku terus mengambil buku dan belajar. Ibu menemani sambil meneruskan tadarus Qur'an-nya. Ibu…. Bagaimana orang sealim Ibu bisa mendapatkan orang seperti Bapak. Ah, ngelantur aku ini, kalau tidak ada Bapak, berarti aku juga tidak ada.

Akhir Mei 1984
Akhirnya, selesai sudah ujian akhirku. Alhamdulillah leganya. Setidaknya aku mulai bisa memikirkan yang lain untuk membantu mengurangi beban Ibu. Yah, mau bagaimana lagi, Ibu memutuskan menjual sebagian tanah warisannya untuk menebus Bapak dari penjara. "Bagaimana pun dia bapakmu, Wuk, sejahat dan sebejat apa pun kelakuannya, darahnyalah yang mengalir di tubuhmu." Aku juga tak tahu musti harus bagaimana. Rasanya kaget tiba-tiba ikut terlibat dalam permasalahan rumit ini. Tapi Ibu butuh teman bicara. Dan aku, anak sulungnyalah yang bisa melakukan itu. Ya, mesti cuman sebatas mendengarkan. Menanti Bapak pulang seperti menunggu datangnya makhluk asing dari planet lain. Ada rindu, ada benci, ada juga rasa asing yang tak bisa kumengerti. Entahlah, dari dulu kami memang tak bisa dekat. Bapak menginginkan anak laki-laki, sementara kelima anaknya perempuan. Barangkali itulah yang membuat sulit sekali diajak bermanja. Suatu sore, saat matahari senja merah saga memenuhi langit, Bapak benar-benar pulang. Sosoknya yang tinggi besar memenuhi pintu rumah. Dan Ibu menyambutnya seperti biasa, dengan mencium tangan Bapak, dan menyuruh kami melakukan hal yang sama. Tanpa beban, seolah tak terjadi apa pun yang pernah mengguncang keluarga kami. Kucari dendam di mata Ibu, tapi ya Rabbi, mata itu begitu ikhlas dan tabah. Sementara hatiku sudah mulai tertorehi luka.

Agustus 1984
Perekonomian keluarga kami benar-benar terpuruk. Aku tak bisa melanjutkan kuliah. Jangankan untuk mendaftar SMA, untuk makan sehari-hari pun mulai kesulitan. Bapak berpamitan untuk mencari kerja di Bogor. Memang di kota kecil seperti Kediri, mencari pekerjaan baru bukanlah hal mudah, apalagi untuk orang yang namanya sudah cacat seperti Bapak. Ibu mengambil alih perekonomian dengan membuka warung pecel di depan rumah. Pagi buta sampai siang, Ibu mengurus warung pecelnya. Sore hingga malam membuat krecek, makanan ringan dari irisan singkong kering yang digoreng dan dibumbuhi gula merah serta cabai. Aku membantu Ibu sekuatnya. Aku punya kewajiban moral untuk membantunya, kalau bukan aku, siapa lagi? Bangun pukul empat pagi kini tak terasa dingin lagi. Sepagi itu aku dan Ibu mulai ke pasar. Tiba di rumah, kami berbagi tugas. Aku mencuci baju, Tini membersihkan rumah. Setelah beres, kami membantu Ibu menyaingi sayuran. Ketika adik-adikku berangkat sekolah aku mulai menyiapkan potongan-potongan singkong untuk digoreng. Bila malam tiba, sambil mengajari mereka, aku dan Ibu membungkus krecek ke dalam plastik agar esok pagi bisa kuedarkan ke warung-warung dan pasar Kandat. Ya Allah, Pengatur nasib umat, aku sangat bangga pada Ibu. Di tengah himpitan ini beliau masih terus berkhusnudzan kepada-Mu, terus mengajari kami bersabar, dan terus membimbing kami dengan cintanya. Ya Allah, berikanlah segala kebaikan-Mu untuk Ibu dan kami sekeluarga. Dan berilah kesadaran untuk Bapak, ya Allah, bahwa kami adalah putri-putri yang juga mengharap cintanya. Amin.

Agustus 1986
Bapak datang. Datang! Setelah sekian lama tanpa kabar dan kiriman apa pun. Datang dengan sederet tuntutan dan lecehan pada Ibu. Tuntutan atas kehadiran anak laki-laki yang tak mampu dilahirkan Ibu. Dan satu pelecehan lagi yang membuat darahku berpacu ke ubun-ubun, beliau mengaku sudah menikah di Bogor dan mempunyai seorang anak laki-laki. Tuntutan untuk menjual sisa tanah, dengan alasan anak laki-laki lebih berhak memperoleh daripada kami. Semua dikatakan Bapak saat kami kesulitan untuk sekedar mengisi perut. Entah keberanian apa yang membuatku lancang kepada Bapak. Kupukul dan kucakar lelaki yang kusebut bapak itu sehingga sebuah tamparan keras mendarat di pipiku. Ibu yang tersimpuh di atas tubuhku dengan isak pelan, dan umpatan kasar Bapak, "Perempuan sialan, perempuan pincang! Seperti ini kau didik anakmu? Huh, dari dulu aku memang malu punya istri seperti kamu, dasar pincang!" Kali ini giliran Ibu yang mendapat tamparan Bapak. Sakit…. Sakit hatiku mendengar Ibu diumpat seperti itu.

Kaki Ibu memang tidak normal, terserang polio sedari kecil. Tapi bukan berarti ia tidak sempurna mendidik kami. Sungguh ia satu-satunya wanita yang membetot habis rasa cinta dan hormatku lebih dari apa pun. Satu lagi luka tertoreh. Kupandang Bapak dengan mata menyala. Biar….. biarlah Bu, Bapak mengambil tanah itu. Kita buktikan bahwa kita bisa hidup tanpa bantuannya bila itu yang Bapak mau. Aku berjanji, aku bertekad, akan kulakukan apa pun untuk Ibu dan adik-adikku.

Januari 1990
Rumah Makan Padang "Siang Malam", Gringsing, Kendal
Aku membawa truk bermuatan kelapa memasuki pelataran rumah makan. Sisa setengah perjalanan lagi menuju Jakarta. Ahmad dan Pak Gono membuka mata. Dengan sopan aku menyilahkan mereka untuk beristirahat. Sementara aku harus berburu waktu mencari musholla, shalat Isya'. Celana hitam, jaket gombrang coklat, dan jilbab kaos hitam telah menyulapku menjadi sosok yang cukup dikenal di rumah makan ini. Pemiliknya Pak Haji Yassin juga kenal denganku. Karena itu aku memilih tempat ini sebagai tempat istrirahat bila nyopir ke arah barat. Selain lingkungannya apik, baik, juga ada musholla yang nyaman tempat aku istirahat sejenak. Sesekali bahkan Bu Haji menyuruhku istirahat di ruang belakang mereka. Sementara aku istirahat, Ahmad biasa mencuci kaca depan truk, mengisi air radiator, mengecek mesin, dan ban, serta tak lupa menyiapkan sebotol kecil kopi hangat di samping jok untuk persiapan nanti.

Truk ini milik Pak Jono, teman Bapak. Aku yang dipercaya mengelolanya dengan sistem sewa. Dulu, hampir tiap hari aku keluar masuk desa untuk menawarkan jasa transportasi ini. Kini tinggal memetik hasilnya. Para petani dan pedaganglah yang datang apabila membutuhkan truk sekaligus sopirnya. Aku tak pernah bercita-cita menjadi seorang sopir. Tidak, tidak karena itu dunia laki-laki yang keras dan penuh bahaya. Tapi aku tak punya pilihan lain. Hanya pekerjaan ini yang bisa menghasilkan uang paling banyak. Sekali nyopir aku bisa mengantongi uang lima puluh ribu sampai seratus ribu. Bahkan bila musim panen, aku bisa memegang hingga satu juta rupiah sebulan. Alhamdulillah. Karena selain menyopir, aku juga memasok beberapa komoditi pasar seperti kelapa, pisang, semangka ke beberapa kota sekeliling Kediri. Tentu, dengan bagi hasil dengan Pak Jono.

Ibu terus berjualan pecel dan membuat krecek. Kini hanya dibantu Sundari karena Sutini dan Sulastri sudah kuliah di Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Sedang Partinah memilih ke Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Bahagia rasanya melihat mereka terus sekolah, lebih bahagia karena mereka tak pernah mengecewakan lelehan keringatku. Mereka belajar keras, bahkan sangat keras untuk membahagiakan Ibu dan kakaknya yang sopir truk ini. Sekali waktu, Tini pernah marah padaku, ia minta diijinkan bekerja untuk ikut membantu ekonomi keluarga. Tapi adikku itu mengkeret begitu melihatku memandang tajam ke arahnya. Adikku…. Maafkan Mbak Tiwuk. Biar Mbak Tiwuk saja yang berkorban, satu saja! Kalian semua jadilah manusia yang berhasil. Dengan lulus UMPTN, dengan kuliah yang benar, dengan cepat lulus, itu sudah cukup membantu Mbak Tiwuk. Sudah membuat Mbak bahagia. Jangan pikirkan yang lain. Doa Mbak untuk kalian semua.

Juli 1993
Rumah Makan "Ayem Tentrem", Pelabuhan Ketapang
Sudah larut malam ketika aku beristirahat, menunggu kapal yang akan berangkat ke Pulau Bali. Ini rute pertamaku. Agak gamang juga. Tapi Ahmad, kenekku meyakinkan bahwa ia pernah ke Denpasar sebelumnya, jadi aku tak perlu khawatir tersesat. Deretan truk terparkir dalam keremangan pelabuhan. Aku turun, mencari musholla dan tempat nyaman untuk menyantap rantang makanan bekal dari Ibu. Menjelang pukul dua, kudengar keributan di sekitar trukku. Ahmad berteriak-teriak, aku tertegun. Segerombolan preman tengah merubungnya. Tukang palak rupanya. Sementara Pak Sabar, pemilik kayu gelondongan yang kuangkut tergigil pucat pasi di sisi truk. Pemalakan tidak tanggung-tanggung karena kami orang baru, diharuskan membayar biaya keamanan sebesar seratus ribu. Sejenak mereka melongo begitu tahu sopirnya wanita. Tapi tak pernah kugunakan sebutan itu untuk bersikap lemah, terlebih ini menyangkut hak untuk mencari penghidupan halal, hak asasi setiap umat untuk meneruskan hidupnya.

Setelah gertakan untuk melapor polisi tak ditanggapi, terpaksa kuladeni tantangannya. Ahmad satu tingkat di bawahku di perguruan Perisai Diri. Jadi aku bisa mengandalkannya. Seratus ribu bukan jumlah yang sedikit. Apalagi Sulastri membutuhkan biaya untuk praktikumnya. Perkelahian berjalan tak seimbang, dua lawan tujuh. Kami bertarung sengit, tiga orang berhasil kami buat jatuh, seorang yang bertindak sebagai pemimpinnya berbuat nekad, saat tendangan kaki kiriku kuarahkan ke si brewok, ia menohok dari samping. Cras… kaki berbalut sepatu kets-ku berlumuran darah. Perih, darah keluar dengan deras. Aku masih bisa menangkis dua, tiga serangan, setelah itu gelap. Saat sadar aku telah berada dalam salah satu bangsal di RSU Banyuwangi. Menurut dokter, setelah sembuh nanti kemungkinan aku akan mengalami sedikit pincang. Sejumlah memar juga menghiasi leher dan punggung. Rupanya saat aku sudah jatuh mereka masih menendangiku. Untunglah Pak Sabar datang tepat pada waktunya dengan dua orang polisi pelabuhan. Aku bersyukur karena Ahmad dan Pak Sabar tak terluka. Ah, peristiwa pahit. Tapi tak akan melemahkan semangatku untuk terus mencari nafkah, karena lima bulan lagi Sundari lulus SMA.

Februari 1995
Kutuntun Ibu ke dalam ruangan penuh spanduk dan karangan bunga. Subhanallah, matahari pagi pucuk-pucuk pinisium ikut tersenyum memandang kami. Hari ini Sutini disumpah menjadi seorang dokter. Map hitam berlogo almamater diserahkan kepada Ibu dan aku sambil menahan tangis. "Ini…. Untuk Ibu dan Mbak Tiwuk."
Kupeluk adikku, kuusap keningnya.
"Seandainya setiap kakak di dunia ini seperti Mbak Tiwuk…..," ujarnya dengan mata basah.
"Seandainya semua adik di dunia seperti kalian, tidak akan ragu seorang kakak melakukan apa pun," kami berpelukan, kurengkuh bahu adikku, Tini yang bulan depan akan mengakhiri masa lajangnya, disunting oleh teman seangkatan, pemuda soleh yang bulan kemarin bersama keluarganya mengkhitbah Tini di rumah kecil kami. Jemputlah masa depanmu Adikku…. Mbak Tiwuk ikhlas kau langkahi.

Mei 1997
Rumah Makan "Baranangsiang", Bogor
Menyebut kota ini menimbulkan luka lagi yang menganga, Bapak….. pelan kueja namanya. Nama laki-laki yang seharusnya menanggung beban di atas pundakku. Pernikahan Tini kemarin beliau hadir, juga saat Tinah diakadkan. Semanis apa pun wajah kupasangkan, tak bisa membangun jembatan kemesraan anak beranak di antara kami. Hati ini terlanjur sakit. Pada saat kupandang wajah Ibu, masih dengan tulus yang sama menyambut kepulangan Bapak. Alangkah luas telaga maafmu, Ibu. Sementara hanya setitik hormat yang masih kupunya. Menurut berita yang kudengar, usaha Bapak di Bogor maju pesat, dengan seorang istri dan dua anak laki-laki yang diidamkannya. Syukurlah jika Bapak bahagia. Semoga waktu akan mengurai kebekuan hati ini hingga terbentuk maaf yang tulus untuknya. Karena aku tak mau selamanya jadi anak durhaka. Bukankah Allah telah begitu adil dengan apa yang telah kami terima selama ini? Sungguh aku bersyukur…….

Mei 2000
Rumah berdinding setengah bata setengah bambu kami terasa bertambah tua, atap dapur bahkan nyaris dorong. Seperti juga kerut pada Ibu, juga wajahnya yang makin mengental. Jika ada kesempatan untuk bernafas, inilah saatnya. Keempat adikku sudah mentas semua. Tinggal Sundari, itu pun sudah hampir mandiri, karena selain menyelesaikan S2, ia juga mengajar di sebuah yayasan. Kini perhatianku beralih ke Ibu. Ibu yang membesarkan kami dengan kedua tangannya, dengan kakinya yang terseok, yang selalu membentengi kami melalui doa yang rutin dipanjatkan di setiap malam, melalui puasa Senin-Kamis, dengan keprihatinannya, juga dengan sabar dan cintanya.

"Wuk, bisa nggak ya niat Ibu kesampaian. Ibu ingin sekali melihat Baitullah." Satu kata itulah yang menjadi perhatianku kini. Maka, ketika Tini, Tinah, dan Lastri menawarkan diri untuk merenovasi rumah, kalimat itu kuulang pada ketiga adikku. Dengan sisa tabungan dan sumbangan mereka, aku berharap bisa memenuhi permintaan Ibu.

Juli 2000
"Dunia begitu indah karena kami memiliki kakak seperti engkau. Terima kasih, Mbak…." Kueja kalimat itu berulang. Sebuah cincin permata berlian menyertai kertas itu. Ah, aku lupa, hari ini aku berulang tahun. Aku memang selalu lupa dan tak pernah memikirkannya. Setitik air membasahi pipi, sudah berapa lama aku tidak menangis? Kucium kertas itu. Adik-adikku, dunia pun sangat indah karena aku memiliki kalian, juga Ibu. Terima kasih ya Alah.

Februari 2001
Garuda Indonesia, Boeing 737, Jamaah Haji Kloter 12
Pada Allah semua tujuan hidup bermuara. Tak pernah kubenci dan kusesali hidupku. Karena aku telah memandang semuanya dengan syukur dan karenanya sepahit apa pun kenyataan akan tetap terasa indah. Inna ma'al 'usri yusro, sesungguhnya dibalik kesulitan itu ada kemudahan. Allah akan memberi kemudahan itu pada setiap hambanya yang sabar. Sering aku tak percaya bisa melakukan semua ini, karena tugas itu nyaris usai. Allah Yang Maha Pemurah, telah memberiku kesempatan hidup lebih panjang dari yang divonis dokter. Gadis dengan cacat jantung bawaan seperti aku…… rasanya tak percaya. Allah, jika Engkau ijinkan, berilah hamba waktu lagi minimal untuk bisa berjumpa dengan Bapak, agar kebekuan ini mencair. Untuk sebuah kata maaf yang belum pernah bisa kukeluarkan, karena aku, Tiwuk Hartati, pernah mempunyai doa yang sangat jelek untuknya. Biarlah maaf itu tumbuh seperti sejuta telaga kasih milik Ibu.

Awan putih menyembul di balik kaca, bararak meniupkan simponi syahdu. Seolah aku sedang duduk di antaranya, membaca tanpa gerak bibir, bahasa yang santun dan dewasa, mengantarku dalam kedalaman rasa tiada tara. Ibu memejamkan mata di seat sebelah, tenang dan damai. Oh Ibu, akhirnya penantianmu usai sudah. Lihatlah Bu, lihat awan itu. Ia akan mengantar kita ke suatu tempat yang paling Ibu dambakan. Kuusap lembut jemari kisut dan kasar itu. Ibu…. Lelah guratan hidupmu, membayang pada raut wajah itu, tapi tak bisa mengurangi keagungan cinta milikmu. Kukecup lembut dan kubawa tangan itu ke atas dada. Di bandara tadi, harta-hartamu mengantar kepergian kita dengan haru: Dokter Sutini, Dokter Sulastri, Insinyur Partinah, dan calon guru kita Sundari, juga suami-suami mereka dan keponakanku yang lucu-lucu: Hanif, Asfa, dan Abdus. Tawamu jernih dan tulus ketika mencium mereka satu per satu, mutiara hidupmu. Wajah damaimu Ibu, adalah bentuk kepasrahan seorang hamba dalam menjalani garis hidup Sang Pencipta, tanpa keluh dan putus asa. Kepasrahan dalam ketegaran yang senantiasa yakin akan pertolongan Khaliknya. Kurasakan burung besi ini semakin meninggi, memecah udara, diiringi senyum hangat pramugari-pramugari anggun berbaju muslimah yang menawarkan makanan. Kuambilkan satu untukmu, Ibu….

Garuda pun membelah angkasa menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Semakin jauh meninggalkan Jakarta, meninggalkan Kediri. Dan satu harapan lagi, dengan izin-Mu akan terwujudkan. Allah Maha Besar!



Newsletter Oase: Subscribe | Unsubscribe


Monday, May 10, 2010

[oase - resend] Tanda-Tanda Kecil Kiamat yang Utama (1 dari 9)

Artikel Original | Simpan ke PDF
Artikel ini pernah dipublikasi oleh abufaiz97 pada Sabtu, 17 Juli 2004 WIB

Akhir Zaman: Tanda-Tanda Kecil Kiamat yang Utama (1 dari 9)

Yang dimaksud dengan tanda-tanda kecil kiamat adalah peristiwa dan hal-hal yang dikabarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan akan terjadi di akhir zaman, sebagai syarat dan isyarat akan munculnya tanda-tanda besar kiamat.

Tanda-tanda atau isyarat-isyarat kiamat adalah kata-kata yang berasal dari Al-Quran dan Sunnah. Allah SWT berfirman,

"Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat, (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba. Karena sesungguhnya telah datang syarat-syaratnya." (Muhammad: 18)

Dan dari Sunnah adalah jawaban Nabi SAW kepada Jibril AS ketika belau ditanya oleh Jibril tentang hari kiamat: "Bahwasanya yang ditanya tidaklah lebih tahu dari yang menanya." Lalu Jibril bertanya lagi tentang syarat-syarat (tanda-tanda)-nya. Maka Nabi pun bersabda,

"Apabila budak perempuan melahirkan tuannya, dan ketika penggembala kambing yang telanjang kaki serta kekurangan pakaian tinggal di gedung-gedung tinggi…" (HR. Muslim, Ahmad)

Adapun tanda-tanda kecil kiamat yang utama adalah:

1. Budak wanita melahirkan tuannya (HR. Muslim dan Ahmad). Hal ini merupakan kiasan dari banyaknya penaklukan Islam dan juga banyaknya para budak dari hasil penaklukan tersebut. Hingga para budak wanita akan melahirkan anak laki-laki yang akan menjadi tuannya karena anak tersebut adalah anak dari tuan wanita sang budak. Juga merupakan kiasan dari banyaknya kedurhakaan anak terhadap ibunya.

2. Penyerahan urusan-urusan kepada yang bukan ahlinya. Telah bersabda Rasulullah SAW, "Apabila suatu urusan telah diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah masa kehancurannya." (HR. Bukhary)

3. Sedikitnya ilmu dan munculnya kejahilan (kebodohan) manusia dalam arahan hidup dan persoalan yang menyangkut akhirat.

4. Banyaknya pembunuhan yang terjadi dimana-mana. Telah bersabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya pintu gerbang hari kiamat akan datang suatu masa dimana turunnya pada kejahilan dan diangkatnya ilmu akhirat, dan banyak terjadinya pembunuhan." (Muttafaqun 'Alaih dari Ibn Mas'ud RA)

5. Tersebarnya pengkhianatan dan tuduhan terhadap orang-orang yang jujur. Rasulullah bersabda, "Diantara syarat-syarat hari kiamat adalah timbulnya hal-hal keji, kevulgaran dalam kekejian, pemutusan silaturahim, pengkhianatan terhadap orang jujur, dan kepercayaan pada orang-orang yang berkhianat." (HR. Ahmad)

6. Umat-umat manusia yang lain berebutan terhadap umat Islam, sebagaimana orang-orang yang sedang makan berebutan terhadap sepiring makanan. (Makna HR. Ahmad)

7. Munculnya orang-orang bodoh yang ikut berbicara tentang urusan-urusan umum masyarakat. Rasulullah bersabda, "Di pintu gerbang hari kiamat akan muncul tahun kepalsuan (yang penuh penipuan), dimana orang-orang jujur akan menjadi tertuduh dan orang-orang yang semestinya tertuduh dipercayai. Dan pada masa itu pula muncul Ar-Rawaibidhah." Lalu sahabat bertanya, 'Apakah Ar-Rawaibidhah itu?' Berkata Rasulullah, "Yaitu orang bodoh yang berbicara tentang urusan-urusan masyarakat umum." (HR. Ahmad, Thabrani dari Abu Hurairah RA)

8. Hilangnya kehati-hatian manusia dalam mendapatkan rizki yang halal. Bersabda Rasulullah, "Akan datang kepada manusia suatu zaman, dimana orang-orang tidak peduli lagi terhadap apa-apa yang mereka peroleh, apakah rizki itu halal atau haram." (HR. Bukhary dari Abu Hurairah)

9. Manusia saling bunuh membunuh tanpa tujuan kebenaran yang jelas. Bersabda Rasulullah, "Demi Dzat yang diriku berada di tangan-Nya, sungguh akan datang kepada manusia suatu zaman, dimana pada zaman itu si pembunuh tidak mengerti mengapa ia membunuh dan si terbunuh tidak mengerti mengapa ia dibunuh." (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

10. Irak terkena sangsi kepungan dan ditahan darinya makanan serta bantuan kemanusiaan. Kemudian dikepung negeri Syam (Suriah, Libanon, Yordania, Palestina) dan ditahan darinya makanan dan bantuan-bantuan. Sungguh telah terbukti sabda Rasulullah, "Hampir saja tidak boleh dibawa ke negeri Irak sepiring makanan atau sebuah dirham." Kami (para sahabat) bertanya, 'Siapa yang melakukan itu ya Rasulullah?' Beliau menjawab, "Orang-orang ajam (non-arab) yang melakukan tersebut." Kemudian beliau SAW berkata, "Hampir saja tidak boleh dibawa sepiring makanan atau sebuah dirham kepada kaum Syam." Lalu kami menanyakan lagi, 'Siapa lagi yang melakukan itu ya Rasulullah?' Beliau menjawab, "Orang-orang Rum (Eropa dan Amerika)." (HR. Muslim dan Ahmad)

11. Adanya gencatan senjata dan perdamaian antara kita (Muslim) dengan orang-orang Rum (Eropa dan Amerika). Tanda ini merupakan tanda kecil yang terakhir, karena setelah itu akan terjadi lagi peperangan yang sangat dahsyat, dimana dalam peperangan ini umat Muslim akan dipimpin oleh Imam Mahdi. Perang ini merupakan perang sekutu (internasional) atau perang Armageddon, dimana setelah perang Armageddon ini orang-orang Rum (Eropa dan Amerika) akan mengkhianati kaum Muslimin dengan peperangan yang paling besar dan paling dahsyat. Hal ini akan disampaikan dalam bagian selanjutnya dari bahasan ini.

Telah bersabda Rasulullah SAW, "Aku menghitung ada enam perkara yang akan terjadi menjelang hari kiamat, yaitu: Kematianku, penaklukan Baitul Maqdis (telah terjadi pada zamannya Umar bin Khattab, ket. peringkas), kemudian kematian massal, kemudian melimpahnya uang (harta) sehingga apabila seseorang diberi gaji dinar maka ia tetap tidak puas, kemudian muncul fitnah yang memasuki setiap rumah orang Arab. Kemudian adanya perdamaian (gencatan senjata) antara umat Islam dan Bani Ashfar (Rum atau Eropa dan Amerika). Kemudian mereka mengkhianati kamu, dimana mereka akan menyerangmu di bawah 80 bendera, dan di bawah tiap-tiap bendera itu terdapat dua belas ribu tentara." (HR. Bukhary, Ahmad, dan Thabrani)

[Diringkas dari buku "Umur Umat Islam, Kedatangan Imam Mahdi, dan Munculnya Dajjal" karya Amin Muhammad Jamaluddin. Halaman 13-23. Terjemahan diterbitkan oleh Penerbit Cendekia, cetakan keempat belas, Mei 2004.]



Newsletter Oase: Subscribe | Unsubscribe


Saturday, May 8, 2010

HTI &PKS

MENYIMAK kegiatan
pemuda Muslim beberapa
dasawarsa terakhir, saya
semakin optimistis bahwa
kiamat belum segera
datang pada abad ini
akibat tidak ada lagi orang
yang bersedia
memperjuangkan Islam.
Wallahualam, hanya Allah
Yang Maha Tahu kapan
tepatnya kiamat akan
terjadi.
Tidaklah berlebihan
apabila kita memberikan
apresiasi yang sangat
tinggi kepada generasi
muda Muslim sekarang
yang terus gigih
melakukan perjuangan di
tengah semakin
gencarnya tekanan dari
kalangan non-Muslim.
Mereka, khususnya Barat,
seperti tidak pernah
berhenti mencari celah
dan menunggu momentum
umat Islam berbuat
kesalahan dan anarkis.
Begitu umat Islam
terjebak, telunjuk mereka
secara beramai-ramai
akan menunjuk muka
umat Islam sembari
berteriak,
“ Terorissss…!”
Anton Winardi dalam
bukunya Konsep Negara &
Gerakan Islam Baru —
Menuju Negara Modern
Sejahtera telah
memberikan kontribusi
yang signifikan bagi
penggambaran peta
perjuangan dakwah kaum
Muslimin, baik yang
berjuang melalui
pembentukan partai
politik maupun
pembentukan organisasi
massa dan LSM. Anton
berhasil secara apik
melukiskan peta
perbedaan maupun
kesamaan antara Partai
Keadilan Sejahtera (PKS)
dan Hizbut Tahrir (HT).
Apresiasi banyak
diberikan kepada para
aktivis PKS dan HT.
Mereka pada umumnya
digambarkan sebagai
generasi muda yang
sangat peduli terhadap
Islam dan menyadari
sepenuhnya posisi kaum
Muslimin yang sehasta
demi sehasta dan
sejengkal demi sejengkal
menjadi kacung dan
akhirnya menjadi
“ bancakan”
masyarakat Barat.
Kesadaran ini sangat
penting, mengingat sejak
bangsa Indonesia
berkenalan dengan
bangsa Barat empat abad
yang lalu, mereka
senantiasa
memperlakukan bangsa ini
tak lebih sebagai budak
dan sapi perahan. Selama
berabad-abad, mereka
menjajah Indonesia dan
negara-negara dunia
ketiga. Lepas dari
penjajahan secara
teritorial, mereka
kemudian memasang
perangkap dengan
berbagai pinjaman dan
utang, sehingga pada
akhirnya semua kekayaan
milik bangsa ini mereka
kuasai tanpa menyisakan
sedikit pun untuk rakyat,
kecuali kesengsaraan dan
penderitaan. Tak pernah
ada niat baik dari mereka
kecuali mengajak
masyarakat dunia ketiga
masuk ke dalam lubang
kadal sebagaimana
disabdakan Nabi
Muhammad saw.
Anton dalam penelitiannya
berhasil secara jernih
membedakan antara PKS
dan HT. PKS digambarkan
sebagai partai yang
beranggapan bahwa Islam
dan negara tidak dapat
dipisahkan, karena syariat
Islam menyangkut seluruh
aspek kemasyarakatan.
Jalan yang ditempuh
adalah dengan masuk ke
dalam pemerintahan yang
ada dan menjalankan
setiap mekanisme yang
telah ditetapkan.
Walaupun demikian,
setelah berganti nama
menjadi PKS pada Pemilu
2004, partai ini dalam
usulannya mengenai
amendemen UUD 1945
Pasal 29 tidak lagi
menganggap penting
warisan Piagam Jakarta.
PKS justru mengusulkan
konsep yang
menunjukkan
kecenderungan pluralisme
yaitu Piagam Madinah.
Sementara Hizbut Tahrir,
menurut Anton (Minardi,
2008: 12-13),
mengusulkan agar Islam
dijadikan sebagai
landasan pemerintahan
dan negara, bahkan
mengusulkan didirikan
khilafah. Dalam
merealisasikan
gagasannya, HT menolak
bergabung ke dalam
sistem pemerintahan
Indonesia yang ada,
karena dianggap tidak
sesuai dengan sistem
Islam.
Kesamaan keduanya
adalah, PKS dan HT
melakukan perekrutan
anggota dengan ajakan
yang sifatnya persuasif,
yang berangkat dari
penyadaran akan
eksistensi manusia
sebagai khalifah beserta
tugas-tugasnya dan
memberikan pemahaman
mengenai sistem Islam
yang harus diterapkan
dalam seluruh kehidupan
manusia yang beriman.
Perekrutan yang
dilakukan dapat melalui
acara formal partai
maupun melalui berbagai
kegiatan yang sifatnya
penambahan wawasan,
seperti seminar maupun
kegiatan sosial. Dakwah
dan pembinaan
selanjutnya dilakukan
secara terstruktur, baik
secara materi maupun
jenjang pembinaan sesuai
dengan keaktifan dan
loyalitas seseorang
kepada partai.
Yang pasti, PKS dan HT
membawa pemahaman
yang relatif baru
mengenai pemerintahan
menurut Islam. PKS
menerima terminologi
demokrasi masuk ke
dalam sistem
pemerintahan dan
membangun
komunitasnya di tengah
masyarakat dengan
prinsip tarbiah. Sementara
HT menolak konsep
demokrasi Barat yang
dianggap terlalu
mengedepankan
kebebasan individu yang
dianggap menyimpang.
Mereka mengampanyekan
berdirinya khilafah Islam
sebagai penggantinya
dengan cara berjuang
secara damai di luar
sistem pemerintahan
dengan melakukan dialog
terbuka dan membangun
komunitas di luar sistem.
Gerakan PKS semakin
mendapatkan tempat di
berbagai kalangan di
Indonesia, terutama
kalangan intelektual dan
ekonomi menengah.
Perbedaan antara PKS
dan Hizbut Tahrir justru
saling melengkapi.
Perbedaan yang berhasil
diidentifikasi bukan untuk
dipertentangkan,
melainkan masing-masing
harus memainkan peran
yang saling melengkapi
demi `Izzul Islam
Walmuslimin. Dalam hal ini
saya teringat dengan
Jujun S. Suriasumantri
yang menulis buku Filsafat
Ilmu. Beliau meminjam
pemikiran Will Durant yang
menjelaskan bahwa
hubungan antara ilmu dan
filsafat seperti pasukan
marinir yang berhasil
merebut pantai untuk
pendaratan pasukan
infanteri. Pasukan
infanteri ini adalah
sebagai pengetahuan
yang di antaranya adalah
ilmu. Filsafatlah yang
memenangi tempat
berpijak bagi kegiatan
keilmuan. Setelah itu,
ilmulah yang membelah
gunung dan merambah
hutan, menyempurnakan
kemenangan ini menjadi
pengetahuan yang dapat
diandalkan.
Demikian pula PKS dan HT,
bagi saya, PKS adalah
filsafat yang bertindak
sebagai marinir yang
harus merebut pantai hati
masyarakat. PKS harus
memberikan praktik dan
contoh politik islami dan
membuktikan bahwa Islam
adalah rahmatan lil `alamin
yang mampu memberikan
kesejahteraan lahir
maupun batin. Jika praktik
politik islami yang
diperagakan PKS dapat
menjadi solusi bagi bangsa
Indonesia yang tengah
mengalami krisis
multidimensional, niscaya
masyarakat semakin
percaya dengan konsep
Islam. Pada saat demikian,
HT yang bertindak
sebagai ilmu pengetahuan
bagaikan pasukan
infanteri. Kalau hati
rakyat sudah direbut
dengan Islam, apa pun
namanya tentang sistem
politik Islam akan diterima
tanpa reserve.
Sembari terus meminta
pertolongan kepada Allah
SWT, kita harus
senantiasa mewaspadai
kemungkinan padamnya
api perjuangan Islam
sambil berharap dua
gerakan yang semakin
menampakkan hasil yang
efektif.

Thursday, May 6, 2010

[oase - resend] Larangan menyakiti tetangga

Artikel Original | Simpan ke PDF
Artikel ini pernah dipublikasi oleh abufaiz97 pada Kamis, 11 Desember 2003 WIB

Lembar Jum'at: Larangan menyakiti tetangga

"Demi Allah tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman, demi Allah tidaklah beriman." Seseorang bertanya, "Siapakah dia, wahai Rasulullah?" Rasulullah saw. menjawab, "Barang siapa yang tetangganya tidak merasa aman dari perilaku buruknya." (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam riwayat lain beliau bersabda yang artinya, "Tidak masuk surga orang yang tetangganya tidak merasa aman dari perilaku buruknya."

Rasulullah saw. ditanya tentang dosa yang paling besar di sisi Allah. Maka beliau menyebutkan tiga hal, yaitu kamu menjadikan sekutu bagi Allah padahal Dialah yang menciptakanmu, kamu membunuh anakmu karena takut jika kelak ia makan bersamamu, dan kamu berzina dengan kekasih (istri) tetanggamu. (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasai dari Abdullah bin Masud r.a.)

Dalam hadis lain Rasulullah saw. bersabda yang artinya, "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya tidak menyakiti tetangganya." (HR Bukhari, Muslim dari Abu Hurairah)

Tetangga itu ada tiga; tetangga muslim yang masih kerabat, tetangga muslim dan tetangga kafir. Tetangga pertama memiliki tiga hak; hak sebagai tetangga, hak sebagai muslim, hak sebagai kerabat. Tetangga yang kedua memiliki dua hak; hak sebagai tetangga dan hak sebagai orang Islam. Tetangga yang ketiga memiliki satu hak yaitu hak sebagai tetangga.

Abdullah bin Umar bertetangga dengqan seorang Yahudi. Jika dia menyembelih kambing selalunya dia berkata, "Bawakan sebagian dagingnya untuk tetangga kita yang Yahudi itu."

Diriwayatkan bahwa pada hari kiamat nanti seorang tetangga yang miskin akan mengikuti tetangga yang kaya. Ia akan berkata, "Duahi Rabbku, tanyakan kepadanya mengapa ia menghalangiku dari kebaikannya dan menutupkan untuk pintu uluran tangannya."

Seorang tetangga selayaknya menanggung adza(kesusahan yang disebabkan oleh tetangganya). Ini merupakan ihsan (sikap baik) kepadanya. Seseorang mendatangi Nabi saw. dan bertanya, "Wahai Rasulullah, tunjukkanlah kepadaku suatu amalan jika aku mengerjakannya aku pun dapat masuk surga." Beliau menjawab, "Jadilah orang yang penuh dengan sifat ihsan." Orang itu bertanya, "Wahai Rasulullah bagaimana aku mengetahui bahwa aku ini seorang muhsin (orang yang dipenuhi sifat ihsan)?" Beliau menjawab, "Bertanyalah kepada tetanggamu. Jika mereka mengatakan bahwa kamu adalah orang muhsin berarti memang kamu seorang muhsin. Namun, jika mereka mengatakan bahwa kamu adalah orang musi' (orang yang dipenuhi sifat isa'ah (tidak baik)) berarti kamu memang seorang musi' (HR Al- Baihaqi dari Abu Hurairah)

Telah sampai kabar dari Nabi bahwa beliau bersabda yang artinya, "Barang siapa menutup pintunya dari tetangganya karena khawatir akan mengurangi (bagian) keluarga dan hartanya, maka dia bukanlah seorang mukmin. Tidak pula seorang beriman jika tetangganya tidak merasa aman dari perilaku buruknya." (HR Al-Kharaithi dalam Makarimul Akhlaq dari Amru bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya, Abdullah bin Amru bin Ash)

Diriwayatkan bahwa Nabi saw. bersada yang artinya, "Seseorang berzina dengan sepuluh wanita itu lebih ringan urusannya daripada ia berzina dengan istri tetangganya. Seorang yang mencuri dari sepuluh rumah itu lebih ringan urusannya daripada ia mencuri dari rumah tetangganya." (HR Ahmad, para perawinya kuat. Juga oleh Thabrani dalam Mu'jamul Kabiir dan Al-Mu'jaamul Ausath dari hadits Miqdad bin Aswad)

Abu Dawud meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa seorang mengadukan tetangganya kepada Rasulullah saw. beliau bersabda, "Pergi dan bersabarlah." Orang itu menghadap Nabi untuk yang kedua kali atau ketiga kalinya, lalu beliau bersabda, "Pergi dan jangan letakkan semua perbendaharaanmu di jalan." Orang itu pun mengikuti sabda Nabi. Orang-orang mengerumuninya dan bertanya tentang permasalahannya. Ia menceritakan semuanya sehingga semua yang hadir mulai melaknat tetangganya. Mereka berucap, "Semoga Allah membalasnya." Mereka mendoakan yang buruk-buruk untuk tetangga itu.
Selanjutnya tetangganya itu datang dan berkata, "Wahai saudaraku, pulanglah ke rumahmu, setelah ini kamu tidak akan melihat sesuatu yang tidak kamu sukai selama-lamanya."

Diwajibkan pula menanggung kesusahan disebabkan tetangga yang dzimmi (orang kafir yang membayar jizyah sebagai jaminan kehidupan di pemerintahan Islam) sekalipun. Diriwayatkan bahwa Sahl bin Abdullah at-Tustari mempunyai seorang tetangga Majusi dzimmi. Tetangganya itu memiliki wc yang bocor dan dari sebuah lobang. Sebagian airnya mengalir ke salah satu bagian rumah Sahl. Setiap hari Sahl meletakkan sebuah bejana di bawah mengalirnya air itu untuk menampungnya. Sahl membuangnya di malam hari agar tidak diketahui orang lain. Demikian ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Sampai akhirnya, menjelang wafat Sahl minta dipanggilkan tetanggannya yang Majusi itu. Ia berkata, "Masuklah kesitu dan lihatlah!" Orang itu masuk dan melihat sebuah lobang dan air bercampur kotoran jatuh dalam bejana. Ia bertanya, "Apa yang kulihat ini?" Sahl menjawab, "Yang demikian ini sudah berlangsung lama. Air itu mengalir dari rumahmu. Aku mewadahinya di siang hari dan membuangnya di malam hari. Jika bukan karena sudah dekat ajalku, dan kekhawatiranku kepada akhlak selainku, niscaya aku tidak akan memberitahukan kepadamu tentang hal ini. Sekarang lakukan apa yang kamu mau." Orang Majusi itu berkata, "Wahai Syaikh, anda telah mempergauliku seperti ini sejak lama dan aku tetap berada diatas kekufuranku. Ulurkan tangan anda, aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa Muhammad itu utusan Allah." Lalu Sahl pun wafat.

Marilah kita memohon kepada Allah agar menunjukkan kepada kita akhlak perbuatan dan ucapan yang mulia. Semoga pula Dia menjadikan akhir kehidupan kita akhir yang baik. Sesungguhnya dia Maha Memberi, Maha Pemurah, Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang. Wallaahu a'lam bish-Showaab.

Sumber: Al-Islam, Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia sebagaimana disadur dari Al-Kabaair, Syamsuddin Muhammad bin Utsman bin Qaimaz at-Turkmani al-Fariqi ad-Dimasyqi asy-Syafii



Newsletter Oase: Subscribe | Unsubscribe