Tuesday, December 11, 2012

Muhaddits Tangguh Abad ini, Ulama Penerus Imam Ahmad & Ibnu Taimiyyah

"Aku telah berjumpa dengan para huffazh.
Tetapi aku tidak pernah melihat seseorang
yang memadukan antara hafalan dan
pemahaman selain Syaikh Sulaiman.
Sungguh saya tidak mengetahui orang yang
menandingi beliau (dalam hafalan dan
pemahaman) di Saudi" Syaikh Hamud
Al-'Uqala rahimahullah
ﻢﺴﺑ ﻪﻠﻟﺍ ﻦﻤﺣﺮﻟﺍ ﻢﻴﺣﺮﻟﺍ
Oleh Abu Asybal Usamah
Segla puji hanya milik Allah semata. Kami
memuji-Nya, meminta pertolongan dan
ampunan-Nya. Kami berlindung kepada-
Nya dari keburukan jiwa dan amal kami.
Siapa yang diberi hidayah oleh-Nya, maka
tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan
siapa yang disesatkan-Nya, maka tidak ada
yang dapat memberikan petunjuk
kepadanya. Aku bersaksi bahwa tiada ilah
kecualia Allah semata, dan aku bersaksi
bahwa Muhammad adalah hamba dan
utusan-Nya. Shalawat dan salam tak lupa
snantiasa tercurahkan kepada junjungan
mulia, nabi Muhammad, keluarga dan para
sahabatnya.
Ikhwani fiddin, semoga Allah
memuliakanku dan juga kalian
Belum lama ini kita mendengar kabar
yang sangat menggembirakan. Kabar yang
lama dinantikan para pejuang dakwah
tauhid. Yaitu bebasnya Syaikh Sulaiman
Al-‘Ulwan dari penjara Saudi. Tepat hari
Rabu sore, 05 Desember 2012 atau 21
Muharram 1434 H, dari penjara Al-
Tharafiyyah di kota Buraidah, kabupaten Al-
Qashim, provinsi Riyadh Saudi Arabia,
Syaikh Sulaiman keluar disambut oleh
warga Saudi dan para Ulama serta Da’i.
Beliau berada di penjara Saudi sellama 9
tahun.
.....Beliau mengingatkan kita
akan keteguhan Imam Ahmad
dan Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyyah yang tegar
menghadapi kebathilan, meski
mendapatkan tekanan yang
hebat dari penguasa...
Beliau adalah ulama yang merupakan
mercusuar yang menjulang. Keteguhannya
dalam menyuarakan Al-Haq tidak diragukan
lagi. Dan ini adalah bukan suatu hal yang
berlebihankarena beliau memang adalah
orang yang benar – benar telah
mempersembahkan ilmu dan suaranya
untuk membela agama Allah ‘Azza wajalla,
meskipun konsekuensinya berujung di balik
jeruji atau bahkan kematian.
Beliau diliputi oleh keutamaan demi
keutamaan. Terutama dari segi ilmu. Salah
seorang Thalibul ilmi, Ibrahim Al-Huqail,
adalah di antara orang yang menyaksikan
keilmuan beliau, meskipun tidak tatap
muka. Dia mengkisahkan bagaimana
kecerdasan Syaikh Sulaiman dalam
menyampaikan riwayat – riwayat hadits,
menjelaskan kesahihannya dan bahkan
mengutarakan illah – illah yang terdapat
dalam hadits.
Kisah beliau mengingatkan kita dengan
hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,
dari Abu Hurairah -radhiyallahu ‘anh- (Ibnu
Majah & Imam Ahmad)
ﻲﺗﺄﺘﺳ ﻰﻠﻋ ﺱﺎﻨﻟﺍ ﻥﻮﻨﺳ ﺔﻋﺍﺪﺧ ﻕﺪﺼﻳ
ﺎﻬﻴﻓ ﺏﺫﺎﻜﻟﺍ ﺏﺬﻜﻳﻭ ﺎﻬﻴﻓ ﻕﺩﺎﺼﻟﺍ
ﻦﻤﺗﺆﻳﻭ ﻦﺋﺎﺨﻟﺍ ﺎﻬﻴﻓ ﻥﻮﺨﻳﻭ ﺎﻬﻴﻓ ﻦﻴﻣﻷﺍ
ﻖﻄﻨﻳﻭ ﺎﻬﻴﻓ ﺔﻀﺒﻳﻭﺮﻟﺍ ﻞﻴﻗ ﺎﻣﻭ
ﺔﻀﺒﻳﻭﺮﻟﺍ ؟ ﻝﺎﻗ ﻪﻴﻔﺴﻟﺍ ﻢﻠﻜﺘﻳ ﻲﻓ ﺮﻣﺃ
ﺔﻣﺎﻌﻟﺍ
“Akan datang pada manusia tahun – tahun
yang menipu, di mana di dalamnya orang –
orang dusta dibenarkan dan orang – orang
benar didustakan. Orang – orang khianat di
percaya dan orang – orang yang amanah
dikhianati serta berkata – katalah
Ruwaibidhoh. Para sahabat bertanya:
siapakah Ruwaibidhoh tersebut? Beliau
menjawab: Orang dungu yang berbicara
urusan ummat”
Ya benar, para penyeru kebenaran
diasingkan oleh orang – orang, dan tidak
hanya orang – orang yang “kacau”
agamanya yang sekarang angkat bicara, dan
malangnya didengar. Beliau mengingatkan
kita akan keteguhan Imam Ahmad dan
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah yang tegar
menghadapi kebathilan, meski
mendapatkan tekanan yang hebat dari
penguasa. Berikut kami paparkan sekilas
tentang biaografi sang penerus Imam
Ahmad bin hanbal –radhiyallahu ‘anhu - ini:
Meninggalkan Sekolah Umum Untuk
Menuntut Ilmu Syar’i
Nama beliau adalah Sulaiman bin Nashir
bin Abdullah Al-‘Ulawan. Lahir pada tahun
1389 H di kota Buraidah dan besar di kota
tersebut. Beliau memiliki tiga kakak laki –
laki dan lima adik laki – laki. Beliau menikah
pada tahu 1410 H
Beliau mulai menuntut ilmu ketika berusia
15 tahun atau bertepatan pada tahun 1404
H. pada saat itu beliau masih kelas tiga
mutawassith (setingkat SMP). Setelah lulus
SMP, beliau melanjutkan SMA. Tetapi tidak
sampai lima belas hari beliau meninggalkan
sekolah negri untuk memfokuskan diri
menuntut ilmu syar’i kepada para ulama.
Hari – hari beliau dihabiskan dengan
membaca, menghafal dan mengulangi kitab
– kitab yang beliau pelajari.
Metode Menuntut Ilmu Sang Ulama
Beliau memulai dengan menghafal Al-
Qur’an dan selasai 30 juz pada tahun 1407
H. kemudia beliau menghafal matan kitab
At-Tauhid karangan Syaikh Muhammad bin
Abdul Wahhab, matan Al-‘Aqidah Al-
Wasithiyyah karya Syaikhul Islam Ibnu
Taimiyyah, Al-Fatawa Al-Humawiyyah karya
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan Al-
Baiquniyyah (Nazham Hadits).
Semua itu beliau lakukan di awal
menuntut ilmu syar’i. Di saat – saat itu
beliau juga banya mengkaji kitab – kitab
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan Ibnul
Qoyyim Al-Jauziyyah rahimahumallah , sirah
karya Imam Ibnu Hisyam, Al-Bidayah wan
Nihayah karya Imam Ibnu Katsir, karya –
karya Imam Ibnu Rajab dan karya – karya
para Imam – Imam Nejed. Beliau juga
bolak – balik hafalan matan – matan di
hadapan para mayayekh sesuai dengan
bidang mereka masing – masing.
Beliau sangat bersemangat menghafal
matan – matan di semua bidang ilmu syar’i.
Tidak sekedar hafalan matan, beliau juga
mengkaji syarahnya hingga beliau paham
matan yang dihafal. Syaikh Abu Muhammad
Yusuf Al-Shalih bertanya kepada Syaikh
Al-‘Ulwan
Syaikh Yusuf:”Berapa jam yang anda
habiskan sehari untuk membaca?”
Syaikh Al-‘Ulwan:”Saya membaca dalam
sehari lebih dari lima belas jam, yang
terbagi atas hafalan, mudzokaroh dan
Muthola’ah”
Kemudian Syaikh Yusuf bertanya lagi:”Selain
dari kttab – ktab Aqidah, hadits, fiqih dan
Nahwu, apakah anda membaca buku – buku
tentang pemikiran untuk mengetahui situasi
dunia dan permasalahan kaum muslimin
serta kerusakan pemikiran dan kosnpirasi
militer yang menimpa mereka?
Syaikh Al-‘Ulwan menjawab:”Dulu saya
pernah mebaca buku – buku tentang itu
pada permulaan menuntut ilmu. Termasuk
yang pertama say abaca kitab waqi’unal
mu’ashir karangan Muhammad Quthb, Al-
Mukhaththathaat Al-Isti’mariyyah li
mukafahatil Islam karngan Muhammad Al-
Shawwaf. Dan belakngan ini saya juga
sering membaca buku – buku tentang itu.
Selama ini saya telah membaca dua ratus
lebih buku tentang wawasan tersebut. Saya
juga membaca buku – buku yang penting
mengenai aqidah rafidhoh, Zaidiyyah dan
mu’tazilah serta aliran – aliran sesat yang
lain.
Ulama – ulama beliau dan Qiro’ahnya
Beliau mengaji kepada para ulama dengan
metode klasik yaitu Al-Qiro’ah. Metode ini
adalah di mana seorang Murid
membacakan kitab ulama klasik kemudian
diterangkan oleh guru (syaikh) maksud dari
matan kitab tersebut. Biasanya metode ini
berijasah dan sang murid menghafal matan
yang dibacakan di hadapan ulama. Berikut
adalah ulama yang beliau qiro’ah
kepadanya:
1. Syaikh Al-Faqih Shalih bin Ibrahim Al-
Balihi. Syaikh Al-‘Ulwan talaqqi hafalan
kepada beliau : Kitab At-Tauhid,
Umdatul Ahkam dan qiro’ah Bulughul
Marom sampai kitab Nikah.
2. Syaikh Muhaddits Abdullah Ad-
Duwaisy. Syaikh Al-‘Ulwan talaqqi
hafalan At-tauhid kepada beliau,
Al-‘Aqidah Al-Wasithiyyah dan Al-
Fatwa Al-Humawiyyah.
3. Syaikh Abdullah Muhammad Al-Husain
Abal Khail. Syaikh Al-‘Ulwan talaqqi
hafalan Nukhbatul fikar, Al-Baiquniyyah,
Al-Fatwa Al-Humawiyyah dan Bulughul
Marom. Syaikh Al-‘Ulwan juga qiro’ah
kitab Syarah At-Thahawiyyah, Jami’ Al-
Ushul Ibnu Katsir, Shahih Al-Bukhori,
Sunan Abu Dawud dan lain – lain.
4. Syaikh Muhammad bin Sulaiman
Al-‘Alith. Syaikh Al-‘Ulwan talaqqi
hafalan kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah
kepada beliau, sebagian kitab zaadul
mustaqna’, sullamul Ushul Hafizh
Hakami, Fadhlul Islam karya Syaikh
Muhammad bin Abdul Wahhab. Syaikh
al-‘Ulwan qiroah kepada beliau kitab
Jami Al-‘Ulum wal Hikam karya Imam
Ibnu Rajab dan Zaadul Ma’ad Ibnul
Qoyyim Al-Jauziyyah.
5. Syaikh Muhammad bin Fahad Ar-
Rusyudi. Syaikh Al-‘Ulwan talaqqi
hafalan kitab Al-Waraqat Ibnu Juwaini
kepada beliau, Bulughul Marom Ibnu
Hajar, Muntaqo min Akhbaril Musthofa
karya Majduddin Abul Barokat Ibnu
Taimiyyah, masailul Jahiliyyah karya
Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab,
Al-Kalim At-Thayyib karya Ibnu
Taimiyyah dan Al-Fawaid Al-Jaliyyah fil
Mabahits Al-Fardhiyyah karya Syaikh
bin Baz.
Beliau pergi ke Madinah pada tahun 1413
H untuk melanjutkan thalabul ilmi nya dan
beliau bertemu dengan Syaikh Ahmad Al-
Anshari di rumah sang syaikh. Sulaiman
muda begitu bersemangat mengutarakan
permasalahan – permasalahan tentang
hadits. Kemudian Syaikh menawarkan
Sulaiman ijasah. Beliau diberikan ijasah
untuk enam kitab induk, musnad Imam
Ahmad, , Muwaththo’ Imam Malik, Shahih
Ibnu Khuzaimah, Shahih ibnu Hibban,
Mushannaf Abdur Razzaq dan Mushannaf
Ibnu Abi Syaibah. Beliau diberikan ijasah
juga untuk kitab tafsir Ibnu Jarir, tafsir Ibnu
Katsir, Alfiyyah Ibnu Malik (Nahwu), dan
kitab – kitab lain dalam ilmu fiqih.
Beliau juga mengambil faidah dengan
qiro’ah kepada sejumlah ulama ketika pergi
ke Mekkah. Beliau mendapat ijasah Al-
Qur’an dari Syaikh Shalih bin Ahmad bin
Muhammad bin Idris.
Syaikh Yusuf menanyakan kepada
beliau:”Apa ma’na ijasah yang diberikan
ulama Mekkah dan Madinah untuk sebagian
kitab – kitab di antara kitab induk yang
enam, apa maksudnya?”
Syaikh Al-‘Ulwan menjawab:”Ijasah
merupakan tuntutan dari Salafushshalih
dan meriwayatkannya serta mengamalkan
apa yang diriwayatkan. Yang demikian itu
masyhur di antara para Imam dan
Muhaddits. Dan mencari Ijasah untuk
menghidupkan sanad – sanad adalah
metode tertentu dari ulama muhaqqiqin
dengan beberapa cara:
1. Seorang Syaikh memberikan kepada
muridnya riwayat dan masmu’atnya
dengan sanad dari guru – gurunya serta
membolehkan murid meriwayatkan
darinya.
2. Seorang murid mendengarkan hadits –
hadits dari Syaikh dengan riwayatnya
yang bersanad sampi Rasulullah
shallahu ‘alaihi wasallam.
3. Seorang syaikh menulis masmu’nya
untuk yang hadir atau tidak dengan
catatanya Ijasah seperti saya
mngijasahmu dengan masmu’at ini.
Beliau memiliki berbagai karangan dan
risalah seperti Tanbihul Akhyar ‘ala ‘admi
fanai An-Naar, Al-Amali Al-Makkiyyah ‘alal
Mnzhumah Al-Baiquniyyah, At-Tibyan fi
syarhi nawaqidhil Islam, syarah bulughul
marom, tanbihul ummah ‘ala wujubul
akhdzi bil kitab was sunnah, At-taukid fi
wujubil I’tina bit tauhid, Al-Kasysyaf ‘an
dholalat Hasan As-Saqqaf, ithaf ahlil fadhl
wal inshaf bi naqdhi kitab ibnil jauzi, Al-
Qoulul Mubin fi Itsbat Ash-Shuroh li Rabbil
‘alamin muhimmat Al-Masail fil mashi ‘alal
khuffain dan lain – lain.
Beliau juga mendapatkan khithob dari
Syaikh Abdul Aziz bn Baaz rahimahullah
nomor 840 tahun 11 Jumadal ula 1417 H.
Syaikh Bin Baaz memuji keteguhannya dan
memberikan kofirmasi atas risalah – risalah
beliau yang dianggap kontroversi.
Dahulu beliau pernah dipenjara selama
18 hari karena fatwa beliau tentng perayaan
Al-Maqomah para Huffazh Al-Qur’an.
Kemudian setelah itu beliau di penjara lagi
tanpa tuduhan yang jelas dan tanpa sidang.
Terdengar kabar beliau dipenjara karena
mengkoordinasi pengumpulan dana
(tabarru'at) untuk kaum muslimin di Irak.
Ada juga yang bilang kalau beliau dipenjara
atas tuduhan fatwa beliau tentang jihad.
Selama Sembilan tahun beliau di penjara,
teguh memegang prinsip dan tidak gentar
meskipun tekanan datang bertubi – tubi.
Wallahu Ghalibun ‘ala amrihi walakinna
aktsarannasi la ya’lamun